---> MULKAN MALIKUL MULKI EL-MILKY MOUSE ^_^ <----

Sabtu, 18 Juni 2011

Feng-Shui



Sering ada orang berkomentar “Ah, jangan percaya horoskop atau feng shui takhayul tuh”. Memangnya apa sih yg dimaksud takhayul..???
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia takhayul adalah sesuatu yg berada dalam khayalan belaka.
Dari pengertian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa horoskop alias ramalan bintang dan feng shui merupakan takhayul selama belum terbukti kebenarannya.
Contoh lainnya, andai kita punya mesin waktu kemudian kembali ke jaman pra-sejarah yang pada saat itu membuat api masih menggunakan batu pemantik atau menggesekkan batang kayu sedangkan kita membawa korek api. Korek api tersebut kita demokan kepada para manusia pra-sejarah, dengan hanya sekali gesek menyalalah sebuah api di tangan kita. Tentunya dengan kondisi seperti itu para manusia pra-sejarah akan menyanjung kita sebagai Dewa Api.
Nah dari fenomena tersebut dapat disimpulkan bahwa sesuatu disebut takhayul adalah karena kita belum tahu logika atau keilmiahan dari sebuah fenomena atau kejadian.
Berkaitan dengan kata percaya di atas, sejauh mana sebenarnya kita mempercayai sesuatu yg dianggap sebagai takhayul?
Mari kita ambil contoh tentang sifat manusia dari hari lahirnya. Ada seorang bayi yg lahir pada Senin dan menurut primbon bahwa bayi tersebut memiliki sifat bla.. bla.. bla..
Ternyata banyak kesamaan sifat yg disebutkan dalam primbon dengan kenyataan di lapangan. Lho koq bisa sih???
Hal ini bisa terjadi karena isi primbon tersebut adalah hasil pengamatan para leluhur jaman dulu. Seperti kita belajar statistik, bahwa untuk melakukan penelitian kita diharapkan memiliki data amatan dalam rentang waktu yg jauh sehingga fenomena yg terjadi dapat ditangkap dengan lebih baik. Maka dari itu tidak selalu isi primbon sama dengan kenyataan, lebih tepatnya adalah mayoritas isi primbon tepat, jadi masih ada biasnya. Sama kan dengan statistik??
Jadi… percaya atau tidak terhadap takhayul..???
Perlukah dilakukan penelitian lebih lanjut atas tulisan yg ada di primbon atau buku-buku horoskop, dan hal-hal lain yg berkaitan dengannya? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isilah Komentar Serta Kritik Saran Anda Yang Membangun..!!
Ayo Kawan Tinggalkan Komentar Kalian...!!